Sebuah Tur ke Naxos yang Terbesar dari Cyclades, Yunani

0
4

Saya menuju ke Naxos, konon pulau tempat Dionysus, dewa anggur dan kesenangan lahir. Ini adalah yang terbesar di Cyclades dan mungkin yang paling subur karena awan hujan yang terbentuk di pegunungannya.

Saya dapat melihat mereka di kejauhan ketika saya mendekati Chora, ibu kota. Tetapi saya langsung terkesan dengan benteng pertahanan yang menghadap ke teluk. Ada pula sisa-sisa Kuil Apollo. Dua tiang marmer yang megah memiliki atap tambang pintu itu terkenal sebagai Portara. Tiang itu naik tinggi ke langit.

Chora

Seperti kebanyakan pulau, pelabuhan ini penuh dengan kafe dan restoran. Tetapi di belakangnya, gang-gang curam mengarah ke lingkungan bersejarah, yang teratapi oleh Kastro. Benteng itu pertahanan dua belas menara, meskipun hanya satu, Menara Crispi tetap ada. Dibangun oleh tentara salib Marco Sanudo pada abad ke-13 ketika ia mendirikan Kadipaten Venesia di Laut Aegea. Tetap saja, banyak rumah besar Venesia bertahan, seringkali dengan keturunan keluarga asli yang masih tinggal di sana. Tidak seperti biasanya di Yunani, ada katedral Katolik di sini dan biara Ursulin abad ke-17. Nikos Kazantzakis, yang menulis Zorba the Greek, belajar di Sekolah Komersial Prancis di dekatnya

Kuil Apollo

Saya menantang ombak yang mengalir melewati jalan lintas untuk menyeberang ke Kuil Apollo, mulai dari tiran Lygdamis sekitar 530 SM. Sebagian besar batunya mereka untuk membangun Kastro tetapi Portara, atau ‘Pintu Masuk’ terlalu besar untuk mereka bawa pergi. Menurut mitologi, di sinilah Dionysus menipu Theseus untuk meninggalkan Ariadne dalam perjalanan kembali dari Kreta. Sungguh pemandangan yang mengesankan dan di malam hari orang-orang berkumpul untuk menyaksikan matahari terbenam

Pantai

Saya mulai di Agios Georgios, pantai kota Hora, dan terus ke selatan melewati Agios Prokopios. Tempat itu  indah, berpasir dan dangkal di teluk terlindung tepat di luar tanjung Cape Mougkri. Ini menyatu dengan Agia Anna, lalu ada hamparan pasir yang panjang dan tak terputus yaitu Pantai Plaka. Teluk-teluk yang lebih indah mengikuti, diselingi dengan singkapan berbatu, sejauh Pyrgaki, yang secara harfiah merupakan ujung jalan.

Puncak-puncak di sekitar Gunung Zeus memanggil jadi saya masuk ke mobil saya untuk menjelajahi bagian dalam pulau. Itu sangat hijau, penuh dengan pohon zaitun dan tanaman anggur anggur dengan kentang yang tumbuh di dataran dekat laut. Saat saya mulai mendaki, saya melihat desa-desa putih tersebar di lereng bukit dengan pegunungan menjulang tinggi di belakang mereka.

Kuil Demeter

Demeter adalah dewi padi-padian, dan kuil ini dibangun untuk mendorong panen di daerah subur ini. Itu berasal dari 530 SM dan kemudian sebuah basilika Kristen awal dibangun di atasnya. Pada tahun 1977 para arkeolog Jerman pindah ke satu sisi dan kuil itu direkonstruksi sebagian. Ini adalah situs yang menarik, berdiri dengan bangga di tengah ladang dan ada museum yang sangat bagus yang merinci sejarahnya.

Tambang Marmer

Daerah antara Melanes dan Kinidaros telah menjadi tambang marmer di pulau itu sejak zaman kuno. Lereng bukitnya penuh dengan luka besar. Marmer Naxos tidak berbutir halus seperti Paros tetapi lebih cocok untuk bangunan besar daripada patung klasik yang bagus. Batuan tersebut akan mereka proses secara kasar di tambang sebelum akan pindah ke tujuan akhir.

Di Flerio masih ada dua contoh Kouroi, patung marmer besar dari abad ke-7 dan ke-6 SM, masing-masing berukuran sekitar 5,5m. Kedua raksasa yang tertidur ini memiliki anggota tubuh yang patah, mungkin rusak karena pengerjaan yang buruk, dan mereka terabaikan selamanya.

Halki

Naxos adalah yang terbesar dari kelompok pulau Cyclades dan membanggakan gunung tertinggi.
Halki pernah menjadi ibu kota Naxos dan terletak di jantung wilayah pegunungan Tragaea, sekitar 20 menit berkendara dari Hora. Vila-vila tua yang menawan dan rumah menara Venesia mengingatkan Anda pada sejarahnya dan penuh dengan butik artistik. Tempat penyulingan lokal, Vallindras Naxos Citron, didirikan pada tahun 1896. Mereka asih memproduksi minuman keras khas pulau itu, Citron, yang terbuat dari daun lemon.

Apiranthos

Di tengah pulau, Apiranthos terletak di kaki Gunung. Fanari, di ketinggian 600m dan sering kali bersalju di musim dingin. Itu dekat dengan tambang marmer dan jalan-jalan sempitnya teraspal dengan barang-barang itu. Tambahkan menara Venesia, rumah dua lantai yang cantik, dan alun-alun yang indah, Anda akan merasakan kemegahan yang tak terbantahkan. Menariknya banyak penduduk desa adalah keturunan pengungsi yang melarikan diri dari tirani di Kreta. Ini terjadi pada abad ke-18 dan mereka mempertahankan dialek mereka sendiri.

Filoti

Filoti adalah desa terbesar di wilayah tersebut dan merupakan pos pementasan untuk mendaki Gunung Zeus. Ada jalan melingkar yang memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam. Tapi saya berkendara ke gereja Agios Marina sekitar 550m dan mulai dari sana.

Hanya lebih dari satu jam untuk mencapai puncak melalui jalur yang sudah tertanda dengan baik. Tidak pernah terlalu curam, meskipun saya terjebak dalam awan rendah tepat di bawah puncak. Dari sana, saya mendapat suguhan pemandangan luar biasa ke seluruh Naxos dan pulau tetangga.

Leave a reply